1.
Media
atau alat peraga yang dapat digunakan untuk bermain konsep mencocokkan
(Matching) adalah....
a. Balok
geometri, tangram, puzzle
b.
Puzzle, sepasang sepatu,
seperangkat tas
c. Tangram,
lego, bentuk-bentuk simbol angka
d. puzzle,
balok geometri, tangram
2. Kegiatan
pembelajaran yang ditujukan agar anak menyayangi ciptaan Tuhan adalah...
a. Melatih
anak memyebutkan waktu-waktu sholat
b. Melatih
anak menyebutkan jenis-jenis tanaman sayur
c.
Melatih anak memberi
makan binatang peliharaan
d. Melatih
anak berdoa sebelum dan seidah melakukan kegiatan
3.
Contoh
emosi negatif yang umum terjadi pada anak usia 4-6 tahun adalah
a.
Marah
b. Ketawa
c. Gembira
d. Senyum
4.
Determinan
derajat kesehatan dipengaruhi oleh 4 faktor....
a.
Lingkungan, perilaku, pelayanan kesehatan dan genetik
b.
Lingkungan,
sanitasi, udara, perilaku
c.
Pelayanan
kesehatan, perilaku masyarakat, kepedulian pemerintah, tanggung jawab pribadi
d.
Rumah
sehat, sanitasi yang baik, layanan kesehatan, tingkat pencemaran
5.
Kegiatan
konsep dasar sains yang dekat dengan kehidupan anak usia dini adalah:
a. Mengumpulkan
sampah pada tempatnya
b.
Mengamati pertumbuhan
tanaman di sekitar
c. Memelihara
binatang kesayangan
d. Memetik
bunga di tanaman
6. Di
bawah ini yang tidak termasuk konsep-konsep dasar pembelajaran matematika anak
usia dini adalah...
a. Mencocokkan (matching)
b. Perbandingan
(Comparation)
c.
Operasi bilangan
d. Klasifikasi
(Clasification)
7. Semua
kata yang kita gunakan untuk melukiskan dasar waktu atau komponen tempo
dari musik disebut ….
a.
Rhytm
b. Melody
dan Harmoni
c. Timbre
: kualitas suara
d. Dinamika
8. Setelah
anak mengenal Tuhan melalui agama yang dianutnya, maka anak diharapkan dapat….
a.
Mulai menyayangi ciptaan
Tuhan
b. Mampu
mengenal gerakan sholat
c. Mampu
melafalkan doa-doa sehari-hari
d. Mengormati
agama orang lain
9. Pada
logo gizi seimbang ada 4 kelompok bahan makanan yaitu....
a. bahan
makanan sumber karbohidrat, lemak, protein, vitamin
b. karbohidrat,
mineral, sayur dan susu
c.
makanan pokok, lauk
pauk, buah- buahan, sayuran
d. mineral,
vitamin, lemak, susu
10. Lingkungan
kreatif yang bisa diberikan kepada anak berupa, kecuali....
a. Pemberian
waktu kepada anak dalam berkreasi.
b. Mendapatkan
suasana yang terbuka dan bebas
c. Ruang
gerak anak harus fleksibel dan merupakan area nyaman.
d. Memberikan anak berbagai macam bahan-bahan yang nyata yang
dapat digunakan anak untuk mewujudkan ide-idenya.
11. Tiga
level pembelajaran matematika pada anak usia dini menurut Jerome bruner salah
satunya adalah Enactive. Yang dimaksud dengan tahap enactive adalah....
a. anak
belajar suatu konsep melalui media gambar
b. anak
belajar suatu konsep melalui bentuk simbolik
c. anak belajar suatu konsep melalui benda konkret
d. anak
belajar suatu konsep melalui literasi
12. Program seni anak usia dini harus
meliputi, kecuali ...
a.
Pengalaman
sensori
b.
Pengalaman
indah dan kreatif
c.
Memperkenalkan
kata-kata seni dalam berbagai bentuk dan gaya
d.
Anak melakukan kegiatan seni yang harus sama
13. Bu
Irma memberi tugas kepada anak untuk mengamati tanaman yang ada di halaman.
Anak diberi kebebasan untuk memilih dan menggambarnya sesuai dengan persepsi
anak. Pengalaman belajar anak yang dominan pada kegiatan tersebut adalah….
a. pengembangan
kreativitas
b.
pengembangan motorik
halus
c. pengembangan
kemampuan penginderaan
d. pengembangan
kemampuan berekspresi
14. Berikut
ini adalah kemampuan dalam mengembangkan moral dan nilai agama yang dapat
dilakukan pada anak usia 4-6 tahun….
a. Memahami
takdir
b. Menirukan
gerakan pohon yang tertiup angin
c. Memberi
makan pada binatang
d.
Membedakan perilaku baik
dan buruk
15. Di
bawah ini yang bukan termasuk pemahaman tentang konsep perbandingan
(Comparation) adalah....
a. Aksi
mental membedakan dan menyamakan satu objek dengan objek yang lain
b.
Aksi mental untuk
mencari kejanggalan dari 2 benda yang kelihatan serupa tapi tak sama
c. Membuat
perbandingan terhadap suatu benda kemudian meletakkan benda-benda ke dalam
sebuah kelompok/kelompok dengan menyortingnya
d. Membandingkan
2 kelompok benda dan menemukan hubungan atau ciri-ciri dari 2 kelompok benda
tersebut
16. Menurut
teori konstrukvitisme, pengetahuan dapat dibangun dengan beberapa macam
cara, kecuali ....
a. Persepsi
dan pengalaman langsung
b. Kesempatan
berinteraksi
c.
Eksperimen, eksplorasi
dan investigasi
d. Imajinasi
& praktek langsung
17. Pembelajaran
di TK untuk mengenalkan nilai agama lebih tepat digunakan dengan cara berikut
adalah….
a. Ceramah,
modeling, rool play
b. Modeling,
Ceramah dan simulasi
c. Roll
Play, Simulasi dan ceramah
d.
Modeling, Rool play dan
simulasi
18. Cara-cara membantu anak melepaskan emosi
negative adalah kecuali ….
a.
adanya
latihan fisik selain bermain untuk membantu melepaskan ketegangan
b.
mengembangkan
selera humor pada anak
c.
mengajari anak untuk bercerita tentang apa yang ia rasakan
d.
membawa
anak ke tempat-tempat perbelanjaan
19. Berikut
ini merupakan cara guru dalam pengenalan konsep dasar sains pada anak
untuk anak usia dini,kecuali....
a. Memberi
kesempatan pada anak untuk menggunakan panca inderanya untuk mengamati
obyek-obyek yang ada di sekitarnya
b.
Anak-anak diminta
menghafalkan fakta-fakta, prinsip-prinsip dan konsep-konsep
c. Mengajak
anak untuk mengeksplorasi lingkungannya
d. Melatih
mereka untuk bertanya dan mengemukan alasan sampai mendapatkan jawaban
20. Prinsip-prinsip
pembelajaran matematika yang perlu diperhatikan oleh pendidik anak usia dini
adalah, kecuali....
a. rencanakan
pengalaman yang nyata sehingga anak dapat terlibat secara aktif
b. observasi
anak agar memahami kebutuhan dan minatnya
c.
beberapa area
pengetahuan, tidak dapat diajarkan tetapi harus dialami anak agar anak bisa
mempelajarinya
d. pendidik
bemberikan contoh penyelesaian soal sehingga memudahkan anak menyelesaikan tugas
21. Pembelajaran
untuk anak usia dini dilaksanakan melalui kegiatan bermain. Hal ini karena….
a. anak
belum memahami makna belajar yang sesungguhnya
b. anak
mempelajari lingkungannya melalui penginderaan
c. anak
perlu mengembangkan otak kiri dan otak kanannya secara berimbang
d.
anak memperoleh
pengalaman belajar melalui eksplorasi lingkungan dengan caranya sendirin dan
menyenangkan
22. Bu
Dayu mengajak anak-anak kelompok B TK Indraloka. Ia menyediakan bermacam bentuk
dan warna kertas. Anak-anak secara berkelompok diajak untuk membuat hiasan
kelas dengan menempel kertas tersebut pada benang dengan berbagai pola.
Kegiatan bermain ini sesuai untuk mengembangkan kecerdasan….
a. logika
matematika
b. visual
spasial
c.
interpersonal
d. intrapersonal
23. Irwan
sekarang berusia 4 tahun. Ia suka menggunakan alat-alat permainannya dengan
fungsi yang lain, misalnya tempat alat tulisnya dipakai main mobil-mobilan. Hal
ini berarti Irwan berada pada tahap bermain….
a.
simbolis
b. eksploratif
c. melamun
d. fungsional
24. Irma
dan Irna bermain bonekan berdampinga. Mereka menggunakan boneka kesukaannya
sesuai dengan caranya masing-masing. Di antara mereka tidak terjadi komunikasi,
serta tidak saling mengganggu. Berdasarkan fakta tersebut, Irma dan Irna berada
pada tahap bermain….
a. asosiatif
b.
solitaire
c.
paralel
d. kooperatif
25. Dharma
berada di sentra balok. Ia memanfaatkan berbagai bentuk balok untuk membentuk
sebuah menara. Jenis permainan yang dilakukan oleh Dharma adalah….
a.
bermain konstruktif
b. bermain
imajinatif
c. bermain
eksploratif
d. bermain
kreatif
26. Optimalisasi perkembangan Bahasa anak
dalam menirukan suara berbagai suara hewan, dapat dilakukan dengan memanfaatkan
jenis TIK:
a. Audio Visual (CD player)
b. Audio (Compact Disk/MP3)
c. Komputer
d. Internet
27. Contoh kelebihan pembelajaran TIK dalam
memvisualkan hal yang abstrak dalam pembelajaran PAUD adalah:
a. Bentuk objek (gelas, piring)
b. Suara binatang
c.
Konsep urutan bilangan
d. Konsep warna
28. Dalam pembelajaran PAUD, teknologi
sebagai bahan dan alat bantu untuk proses pembelajaran (literacy), muncul dalam
bentuk:
a. Mendengarkan drama melalui program audio
b. Melihat tayangan film di televisi
c. Menonton permainan outdoor dari
televisi
d.
Bermain puzzle melalui komputer
29. Pembelajaran berbantuan TIK (teknologi
komunikasi dan informasi) mengandung makna pembelajaran berbantuan:
a. Komputer
b. Audio Visual
c. Internet
d.
Media / APE
30. Karakteristik esensial dalam penelitian
tindakan kelas adalah sebagai berikut, kecualI….:
a. masalahnya nyata dan bersifat
teoritik
b. berorientasi pada pemecahan masalah
c. data diambil dari berbagai sumber
d. dilaksanakan secara partisipatif dan
kolaboratif
31. Tujuan diadakannya penelitian kelas
adalah…..
a. menguji teori untuk pembelajaran di kelas
b. memecahkan masalah di kelas
c. mencari hubungan permasalahan kelas
dengan teori yang relevan
d. mengidentifikasi berbagai permasalahan di
kelas
32. Di antara permasalahan di bawah ini yang
sesuai dipecahkan dengan penelitian tindakan kelas adalah….
a. Arni, Lala, Ita dan Badu
dari kelompok A TK Dian Utama mengalami kesulitan dalam mengenal konsep
bilangan
b. 10 di antara 20 anak kelompok B TK Insan
Mulia belum bisa konsentrasi dalam mengerjakan tugas
c. Sebagian besar anak kelompok A TK Bintang
sudah mampu menyelesaikan tugas secara tepat waktu
d. Hanya 5 di antara 20 anak TK Cinta Anak
yang mampu bekerja sama dengan temannya saat bermain
33. Fungsi refleksi dalam penelitian tindakan
kelas….
a. membahas data dan temuan penelitian
b.
mengidentifikasi keberhasilan dan kegagalan dalam tindakan
c. mengukur keberhasilan pembelajaran yang
telah dilakukan
d. sebagai dasar dalam membuat kesimpulan
34. Urutan langkah pokok dalam penelitian
tindakan kelas dalam satu siklus adalah…
a. refleksi, observasi, perencanaan,
tindakan, penyimpulan
b. perencanaan, tindakan, observasi,
refleksi
c. observasi, refleksi perencanaan, tindakan
d.
perencanaan, tindakan, observasi, analisis data, penyimpulan
Chumba Casino Site | $25 Welcome Bonus + 80 Free Spins
BalasHapusChumba Casino offers 인카지노 a vast variety of slots and table games. choegocasino They also offer a wide range of casino games including roulette, blackjack, 메리트 카지노 쿠폰 and live