Jumat, 18 Agustus 2017

Latihan Soal PLPG PAUD 2017 (Guru Profesional)

1.     Media atau alat peraga yang dapat digunakan untuk bermain konsep mencocokkan (Matching) adalah....
a.     Balok geometri, tangram, puzzle
b.     Puzzle, sepasang sepatu, seperangkat tas
c.     Tangram, lego, bentuk-bentuk simbol angka
d.     puzzle, balok geometri, tangram

2.     Kegiatan pembelajaran yang ditujukan agar anak menyayangi ciptaan Tuhan adalah...
a.     Melatih anak memyebutkan waktu-waktu sholat
b.     Melatih anak menyebutkan jenis-jenis tanaman sayur
c.     Melatih anak memberi makan binatang peliharaan
d.     Melatih anak berdoa sebelum dan seidah melakukan kegiatan

3.     Contoh emosi negatif yang umum terjadi pada anak usia 4-6 tahun adalah
a.     Marah
b.     Ketawa
c.     Gembira
d.     Senyum

4.     Determinan derajat kesehatan dipengaruhi oleh 4 faktor....
a.     Lingkungan, perilaku, pelayanan kesehatan dan genetik
b.     Lingkungan, sanitasi, udara, perilaku
c.     Pelayanan kesehatan, perilaku masyarakat, kepedulian pemerintah, tanggung jawab pribadi
d.     Rumah sehat, sanitasi yang baik, layanan kesehatan, tingkat pencemaran

5.     Kegiatan konsep dasar sains yang dekat dengan kehidupan anak usia dini adalah:
a.     Mengumpulkan sampah pada tempatnya
b.     Mengamati pertumbuhan tanaman di sekitar
c.     Memelihara binatang kesayangan
d.     Memetik bunga di tanaman

6.     Di bawah ini yang tidak termasuk konsep-konsep dasar pembelajaran matematika anak usia dini adalah...
a.     Mencocokkan (matching)
b.     Perbandingan (Comparation
c.     Operasi bilangan
d.     Klasifikasi (Clasification)

7.     Semua kata yang kita gunakan untuk melukiskan  dasar waktu atau komponen tempo dari musik disebut ….
a.     Rhytm
b.     Melody dan Harmoni 
c.     Timbre : kualitas suara
d.     Dinamika 


8.     Setelah anak mengenal Tuhan melalui agama yang dianutnya, maka anak diharapkan dapat….
a.     Mulai menyayangi ciptaan Tuhan
b.     Mampu mengenal gerakan sholat
c.     Mampu melafalkan doa-doa sehari-hari
d.     Mengormati agama orang lain

9.     Pada logo gizi seimbang ada 4 kelompok bahan makanan yaitu....
a.     bahan makanan sumber karbohidrat, lemak, protein, vitamin
b.     karbohidrat, mineral, sayur dan susu
c.     makanan pokok, lauk pauk, buah- buahan, sayuran
d.     mineral, vitamin, lemak, susu

10.  Lingkungan kreatif yang bisa diberikan kepada anak berupa, kecuali....
a.     Pemberian waktu kepada anak dalam berkreasi.
b.     Mendapatkan suasana yang terbuka dan bebas
c.     Ruang gerak anak harus fleksibel dan merupakan area nyaman.
d.     Memberikan anak berbagai macam bahan-bahan yang nyata yang dapat digunakan anak untuk mewujudkan ide-idenya.

11.   Tiga level pembelajaran matematika pada anak usia dini menurut Jerome bruner salah satunya adalah Enactive. Yang dimaksud dengan tahap enactive adalah....
a.     anak belajar suatu konsep melalui media gambar
b.     anak belajar suatu konsep melalui bentuk simbolik
c.     anak belajar suatu konsep melalui benda konkret
d.     anak belajar suatu konsep melalui literasi

12.   Program seni anak usia dini harus meliputi, kecuali ...
a.     Pengalaman sensori
b.     Pengalaman indah dan kreatif
c.     Memperkenalkan kata-kata seni dalam berbagai bentuk dan gaya
d.     Anak melakukan kegiatan seni yang harus sama

13.  Bu Irma memberi tugas kepada anak untuk mengamati tanaman yang ada di halaman. Anak diberi kebebasan untuk memilih dan menggambarnya sesuai dengan persepsi anak. Pengalaman belajar anak yang dominan pada kegiatan tersebut adalah….
a.     pengembangan kreativitas
b.     pengembangan motorik halus
c.     pengembangan kemampuan penginderaan
d.     pengembangan kemampuan berekspresi

14.  Berikut ini adalah kemampuan dalam mengembangkan moral dan nilai agama yang dapat dilakukan pada anak usia 4-6 tahun….
a.     Memahami takdir
b.     Menirukan gerakan pohon yang tertiup angin
c.     Memberi makan pada binatang
d.     Membedakan perilaku baik dan buruk

15.  Di bawah ini yang bukan termasuk pemahaman tentang konsep perbandingan (Comparation) adalah....
a.     Aksi mental membedakan dan menyamakan satu objek dengan objek yang lain
b.     Aksi mental untuk mencari kejanggalan dari 2 benda yang kelihatan serupa tapi tak sama
c.     Membuat perbandingan terhadap suatu benda kemudian meletakkan benda-benda ke dalam sebuah kelompok/kelompok dengan menyortingnya
d.     Membandingkan 2 kelompok benda dan menemukan hubungan atau ciri-ciri dari 2 kelompok benda tersebut

16.  Menurut teori konstrukvitisme, pengetahuan dapat dibangun dengan beberapa macam cara, kecuali ....
a.     Persepsi dan pengalaman langsung
b.     Kesempatan berinteraksi
c.     Eksperimen, eksplorasi dan investigasi
d.     Imajinasi & praktek langsung

17.  Pembelajaran di TK untuk mengenalkan nilai agama lebih tepat digunakan dengan cara berikut adalah….
a.     Ceramah, modeling, rool play
b.     Modeling, Ceramah dan simulasi
c.     Roll Play, Simulasi dan ceramah
d.     Modeling, Rool play dan simulasi

18.  Cara-cara membantu anak melepaskan emosi negative adalah kecuali ….
a.     adanya latihan fisik selain bermain untuk membantu melepaskan ketegangan
b.     mengembangkan selera humor pada anak
c.     mengajari anak untuk bercerita tentang apa yang ia rasakan
d.     membawa anak ke tempat-tempat perbelanjaan

19.  Berikut ini merupakan cara guru dalam  pengenalan konsep dasar sains pada anak untuk anak usia dini,kecuali....
a.     Memberi kesempatan pada anak untuk menggunakan panca inderanya untuk mengamati obyek-obyek yang ada di sekitarnya
b.     Anak-anak diminta menghafalkan fakta-fakta, prinsip-prinsip dan konsep-konsep
c.     Mengajak anak untuk mengeksplorasi lingkungannya
d.     Melatih mereka untuk bertanya dan mengemukan alasan sampai mendapatkan jawaban
20.  Prinsip-prinsip pembelajaran matematika yang perlu diperhatikan oleh pendidik anak usia dini adalah, kecuali....
a.     rencanakan pengalaman yang nyata sehingga anak dapat terlibat secara aktif
b.     observasi anak agar memahami kebutuhan dan minatnya
c.     beberapa area pengetahuan, tidak dapat diajarkan tetapi harus dialami anak agar anak bisa mempelajarinya
d.     pendidik bemberikan contoh penyelesaian soal sehingga memudahkan anak menyelesaikan tugas

21.  Pembelajaran untuk anak usia dini dilaksanakan melalui kegiatan bermain. Hal ini karena….
a.     anak belum memahami makna belajar yang sesungguhnya
b.     anak mempelajari lingkungannya melalui penginderaan
c.     anak perlu mengembangkan otak kiri dan otak kanannya secara berimbang
d.     anak memperoleh pengalaman belajar melalui eksplorasi lingkungan dengan caranya sendirin dan menyenangkan

22.  Bu Dayu mengajak anak-anak kelompok B TK Indraloka. Ia menyediakan bermacam bentuk dan warna kertas. Anak-anak secara berkelompok diajak untuk membuat hiasan kelas dengan menempel kertas tersebut pada benang dengan berbagai pola. Kegiatan bermain ini sesuai untuk mengembangkan kecerdasan….
a.     logika matematika
b.     visual spasial
c.     interpersonal
d.     intrapersonal

23.  Irwan sekarang berusia 4 tahun. Ia suka menggunakan alat-alat permainannya dengan fungsi yang lain, misalnya tempat alat tulisnya dipakai main mobil-mobilan. Hal ini berarti Irwan berada pada tahap bermain….
a.     simbolis
b.     eksploratif
c.     melamun
d.     fungsional

24.  Irma dan Irna bermain bonekan berdampinga. Mereka menggunakan boneka kesukaannya sesuai dengan caranya masing-masing. Di antara mereka tidak terjadi komunikasi, serta tidak saling mengganggu. Berdasarkan fakta tersebut, Irma dan Irna berada pada tahap bermain….
a.     asosiatif
b.     solitaire
c.     paralel
d.     kooperatif

25.  Dharma berada di sentra balok. Ia memanfaatkan berbagai bentuk balok untuk membentuk sebuah menara. Jenis permainan yang dilakukan oleh Dharma adalah….
a.     bermain konstruktif
b.     bermain imajinatif
c.     bermain eksploratif
d.     bermain kreatif


26.  Optimalisasi perkembangan Bahasa anak dalam menirukan suara berbagai suara hewan, dapat dilakukan dengan memanfaatkan jenis TIK:
a.     Audio Visual (CD player)
b.     Audio (Compact Disk/MP3)
c.     Komputer
d.     Internet

27.  Contoh kelebihan pembelajaran TIK dalam memvisualkan hal yang abstrak dalam pembelajaran PAUD adalah:
a.     Bentuk objek (gelas, piring)
b.     Suara binatang
c.     Konsep urutan bilangan
d.     Konsep warna

28.  Dalam pembelajaran PAUD, teknologi sebagai bahan dan alat bantu untuk proses pembelajaran (literacy), muncul dalam bentuk:
a.     Mendengarkan drama melalui program audio
b.     Melihat tayangan film di televisi
c.     Menonton permainan outdoor dari televisi
d.     Bermain puzzle melalui komputer

29.  Pembelajaran berbantuan TIK (teknologi komunikasi dan informasi) mengandung makna pembelajaran berbantuan:
a.     Komputer
b.     Audio Visual
c.     Internet
d.     Media / APE

30.  Karakteristik esensial dalam penelitian tindakan kelas adalah sebagai berikut, kecualI….:
a.     masalahnya nyata dan bersifat teoritik
b.     berorientasi pada pemecahan masalah
c.     data diambil dari berbagai sumber
d.     dilaksanakan secara partisipatif dan kolaboratif

31.  Tujuan diadakannya penelitian kelas adalah…..
a.     menguji teori untuk pembelajaran di kelas
b.     memecahkan masalah di kelas
c.     mencari hubungan permasalahan kelas dengan teori yang relevan
d.     mengidentifikasi berbagai permasalahan di kelas

32.   Di antara permasalahan di bawah ini yang sesuai dipecahkan dengan penelitian tindakan kelas adalah….
a.   Arni,  Lala, Ita dan Badu dari kelompok A TK Dian Utama mengalami kesulitan dalam mengenal konsep bilangan
b.     10 di antara 20 anak kelompok B TK Insan Mulia belum bisa konsentrasi dalam mengerjakan tugas
c.     Sebagian besar anak kelompok A TK Bintang sudah mampu menyelesaikan tugas secara tepat waktu
d.     Hanya 5 di antara 20 anak TK Cinta Anak yang mampu bekerja sama dengan temannya saat bermain

33.   Fungsi refleksi dalam penelitian tindakan kelas….
a.     membahas data dan temuan penelitian
b.     mengidentifikasi keberhasilan dan kegagalan dalam tindakan
c.     mengukur keberhasilan pembelajaran yang telah dilakukan
d.     sebagai dasar dalam membuat kesimpulan

34.  Urutan langkah pokok dalam penelitian tindakan kelas dalam satu siklus adalah…
a.     refleksi, observasi, perencanaan, tindakan, penyimpulan
b.     perencanaan, tindakan, observasi, refleksi
c.     observasi, refleksi perencanaan, tindakan
d.     perencanaan, tindakan, observasi, analisis data, penyimpulan



1 komentar:

  1. Chumba Casino Site | $25 Welcome Bonus + 80 Free Spins
    Chumba Casino offers 인카지노 a vast variety of slots and table games. choegocasino They also offer a wide range of casino games including roulette, blackjack, 메리트 카지노 쿠폰 and live

    BalasHapus