1.
Penilaian perkembangan anak usia dini
dilakukan dengan berorientasi pada:
a.
Acuan perkembangan
b.
Acuan pertumbuhan
c.
Acuan kriteria
d.
Acuan norma
2.
Pengertian PAUD yang dijelaskan dalam
Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan
nasional, memiliki pemahaman bahwa Pendidikan di PAUD bercirikan:
a.
Penguasaan kompetensi untuk mencapai kriteria
ketuntasan
b.
Menyiapkan anak untuk ke jenjang pendidikan
berikut
c.
Interaksi pendidik dan peserta didik dalam lembaga
PAUD
d.
Berorientasi pertumbuhan dan perkembangan anak
3.
Kelancaran pelaksanaan tugas sebagai pendidik
dalam melaksanakan pembelajaran yang mendidik, menuntut seorang pendidik PAUD
memiliki kompetensi guru dalam hal:
a.
Pedagogi
b.
Profesional
c.
Personal
d.
Sosial
4.
Mengacu pada standar kompetensi pedagogi
guru, ketika melakukan pengembangan kurikulum PAUD berorientasi pada:
a.
Kompetensi lulusan
b.
Persiapan masuk SD
c.
Isi Kurikulum
d.
Perkembangan anak
5.
Dharma sering bermain menggunakan sapu ijuk.
Sapu tersebut dia manfaatkan sebagai seekor kuda dan ditunggangi sambil
menari-nari. Berdasarkan peristiwa itu, Dharma berada pada tahap berpikir….
a.
sensori motor
b.
pra operasional
c.
operasional kongkrit
d.
operasional formal
6.
Andri sedang bermain di halaman. Tiba-tiba
ibunya memanggil dan dia disuruh membeli gula di warung. Andri semula menolak,
tetapi setelah diberi tahu bahwa uang kembaliannya boleh digunakan untuk jajan,
akhirnya dia mau. Hal ini menggambarkan bahwa Andri berada pada tahap
perkembangan….
a.
praoperasional
b.
prakonvensional
c.
konvensional
d.
poskonvensional
7.
Tina selalu bermain sendirian. Ketika Guru
memintanya untuk bernyanyi di depan kelas, Tina menangis dan bersembunyi. Tia
cenderung untuk menutup diri dari teman-temannya. Dengan demikian Tina memiliki
permasalahan dalam bperkembangan….
a.
sosial-emosional
b.
bahasa dan sosial
c.
moral dan nilai agama
d.
seni dan emosi
8.
Peningkatan secara kuantitas pada anak usia
dini disebut proses….
a.
perkembangan
b.
pertumbuhan
c.
pengembangan
d.
pendidikan
9.
Bima dalam kesehariannya bersikap ramah,
sehingga banyak yang suka bergaul dengannya. Ketika ada temannya yang sakit, ia
ikut murung dan seakan-akan ia ikut merasakan sakit yang diderita temannya.
Sikap Bima tersebut disebut….
a.
simpati
b.
prihatin
c.
empati
d.
sedih
10. Ciri
khas teori belajar behavioristik adalah:
a.
Munculnya Respon positif
b.
Hubungan Stimulus-Kondisi
c.
Hubungan Stimulus-Respon
d.
Munculnya Stimulus terkendali
11. Teori
belajar kognitif menganggap bahwa proses belajar manusia
a.
Penurut, patuh dan peniru
b.
Pemroses, pemikir, dan pencipta informasi
c.
Peniru, pemikir, dan pengembang
d.
Pencipta informasi, perasa dan pelaku
12. Pendidikan
di PAUD berorientasi pada perkembangan anak. Hal tersebut merupakan penerapan
dari prinsip pembelajaran:
a.
Berpusat pada anak
b.
Pembelajaran aktif
c.
Bermain sambal belajar
d.
Berorientasi pada kebutuhan anak
13. Menjelaskan
kelompok teori belajar. Teori belajar yang dapat diterapkan dalam Pendidikan
Anak Usia Dini secara umum dibagi dalam kelompok:
a.
Perilaku - Kognitif
b.
Behavioristik - Perilaku
c.
Kognitif – Penalaran
d.
Penalaran – Perilaku
14. Karakteristik
spesifik kurikulum Taman Kanak-kanak adalah:
a.
Berbasis kebutuhan
b.
Berbasis permainan
c.
Berbasis perkembangan
d.
Berbasis perencanaan
15. Sebuah
landasan Yuridis penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini menyatakan bahwa
“Setiap Anak berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran dalam rangka
pengembangan pribadinya dan tingkat kecerdasannya sesuai dengan minat dan
bakatnya”. Landasan Yuridis penyelenggaraan PAUD tersebut tertuang dalam....
a.
UU No.23 Tahun 2002 Pasal 9 ayat 1
b.
Amandemen UUD 1945 Pasal 28 B ayat 2
c.
UUD 1945 Pasal 31 ayat 3
d.
Permen No.54 Tahun 2013
16.
Ani ialah guru kelas A TK Kartika. Bu Ani
akan mengajarkan pembelajaran tematik. Untuk itu, Ia akan membuat rencana
pembelajaran tematik. Langkah pertama yang perlu dilakukan oleh Bu Ani dalam
merancang pembelajaran tematik adalah ....
a.
Memilih standar kompetensi
b.
Memetakan indikator
c.
Mengembangkan tema
d.
Menganalisis kurikulum
17. Kurikulum
harus memberi peluang kepada semua anak dari berbagai latar belakang untuk
mendapatkan pelayanan yang sama. Pernyataan tersebut berkaitan dengan prinsip……
a.
Pendekatan menyeluruh dan kemitraan
b.
Kesamaan memperoleh kesempatan
c.
Penguasaan integritas nasional
d.
Berpusat pada anak
18. Muatan
krikulum yang dimaksud dalam struktur kurikulum PAUD adalah:
a.
STPPA
b.
Kompetensi Inti
c.
Kompetensi Dasar
d.
Beban/lama belajar
19.
Secara khas kurikulum dapat dipahami sebagai
……….
a.
Target dan sasaran belajar peserta didik
b.
Rencana dan pengaturan untuk pencapaian tujuan
c.
Buku dan peralatan belajar yang digunakan
d.
Guru dan murid yang melaksanakan pembelajaran
20. Pengembangan
kurikulum meliputi kegiatan:
a.
Merencanakan – melaksanakan – mengevaluasi
b.
Menyusun – mengelola – menyebarluaskan
c.
Mengembangkan – menstruktur – melaksanakan
d.
Merencanakan – menstruktur – menyebarluaskan
21. Dalam
Permendikbud No. 137 tahun 2014, yang termasuk standar proses meliputi ….
a.
perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi
pembelajaran
b.
perencanaan pembelajaran, pelaksanaan
pembelajaran dan pengawasan pembelajaran
c.
perencanaan pembelajaran, pelaksanaan
pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengawasan pembelajaran
d.
deteksi dini perkembangan anak, perencanaan
pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran
22. Maksud
dari prinsip relevansi dalam pengembangan kurikulum untuk anak usia dini
adalah….
a.
Pengembangan kurikulum harus memiliki tingkat kesesuaian yang
tinggi baik secara internal maupun eksternal
b.
Pengembangan kurikulum harus memberi peluang
dan kesempatan bagi pelaksana untuk melakukan penyesuaian-penyesuaian yang
didasarkan pada situasi dan kondisi lingkungan di mana sekolah berada
c.
Pengembangan kurikulum harus memenuhi unsure
kesinambungan baik secara vertical maupun horizontal
d.
Pengembangan kurikulum harus diusahakan
mendayagunakan waktu, biaya dan sumber-sumber pendidikan lainnya secara optimal
untuk mencapai hasil pendidikan yang optimal.
23.
Yang bukan termasuk struktur kurikulum PAUD
adalah:
a.
Kompetensi Inti
b.
Kompetensi Dasar
c.
Beban belajar
d.
Asesmen belajar
24. Komponen
perencanaan pembelajaran di PAUD adalah berikut ini, kecuali:
a.
Program Tahunan
b.
Program Semester
c.
RPPM
d.
RPPH
25. Secara
umum perencanaan pembelajaran merupakan kegiatan:
a.
Rencana dan pengaturan
b.
Pemilihan dan penggunaan
c.
Penetapan dan pemanfaatan sumber daya
d.
Pemberian pertimbangan dan pengorganisasian
26.
Penyatuan Tema dalam model pembelajaran
bermanfaat untuk:
a.
Mengintegrasikan kegiatan
b.
Menyatukan aktivitas
c.
Mengkoordinasikan indikator
d.
Memperluas pokok bahasan
27. Model
pembelajaran secara umum dapat dimaknai sebagai:
a.
Desain pembelajaran
b.
Kerangka konseptual pembelajaran
c.
Strategi pembelajaran
d.
Perencanaan pembelajaran
28. Pendekatan
saintifik diintegrasikan dalam perencanaan pada tahap:
a.
Pengembangan bahan/materi pembelajaran
b.
Pengembangan kegiatan
c.
Pengembangan tema
d.
Pengembangan alokasi waktu
29. Prinsip
perencanaan pembelajaran harus memperhatikan anak sebagai subjek, kecuali:
a.
Berorientasi pada perkembangan anak
b.
Berorientasi pada kebutuhan anak
c.
Berpusat pada anak
d.
Berpandangan sebagai anak
30. Bu
Satini mengajak anak didiknya untuk melihat proses pembuatan tahu dengan
mengunjungi pabrik tahu yang berada di dekat sekolahan. Kegiatan yang dilakukan
ibu Satini merupakan penerapan dari metode….
a.
Bercerita
b.
Eksperimen
c.
Tanya jawab
d.
Karyawisata
31. Pendekatan
Saintifik dilakukan atas dasar:
a.
Berfikir naturalis
b.
Berfikir dialogis
c.
Berfikir humanis
d.
Berfikir logis
32. Buku-buku
cerita bergambar; papan flanel; Alphabetic Puzzle; Alat-alat bermain
telekomunikasi, merupakan contoh alat-alat permainan yang lebih tepat berada
pada ….
a.
Sentra Permainan Matematika
b.
Sentra Permainan Bahasa
c.
Sentra Permainan Sains
d.
Sentra Permainan Balok dan Lego/Logo
33. Metode
yang mempunyai pengaruh yang cukup kuat dalam pengembangan emosi untuk dapat
menimbulkan rasa kesatuan dan persatuan, rasa kebangsaan, rasa keagamaan,
rasa kagum, rasa gembira, dapat diperoleh melalui….
a.
Bernyanyi dan Bermain Musik
b.
Bermain Peran
c.
Permainan Hand Puppet (Boneka
Tangan)
d.
Bercerita
34. Fungsi
utama dari media dalam pembelajaran, adalah ……
a.
Menguraikan materi
b.
Menyampaikan pesan
c.
Mengidentifikasi bahan ajar
d.
Mengelompokkan pesan
35. Kriteria
utama dalam media pembelajaran adalah
a.
Kemampuan guru
b.
Kemudahan penggunaan
c.
Berorientasi pada tujuan
d.
Ketersediaan bahan
36. Alat
Peraga Edukatif yang tepat untuk meningkatkan perkembangan kognitif adalah:
a.
Puzzle
b.
Panggung boneka
c.
Buku cerita
d.
Boneka tangan
37. Untuk
menjelaskan konsep kasar-halus, licin-kasar maka media yang tepat digunakan
adalah:
a.
Media audio
b.
Multimedia
c.
Media visual
d.
Media taktil
38. Buku
cerita bergambar yang berisi tentang kerumunan semut yang bergotong royong
membawa makanan, dapat digunakan oleh guru sesuai manfaat media untuk:
a.
Mengkonkritkan pesan abstrak
b. Menampilkan
objek yang terlalu kecil/besar
c. Membangkitkan
motivasi anak
d. Memperlihatkan
gerakan yang terlalu cepat/lambat
39. Penentuan
instrumen penilaian dalam rangkaian RPPH ditetapkan berdasarkan…
a.
Indikator kompetensi
b.
Kegiatan belajar anak
c.
Media yang digunakan
d.
Tema pembelajaran
40. Penilaian
untuk mengukur kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan dalam situasi
alami berdasarkan proses dan hasil disebut:
a.
Penilaian objektif
b.
Penilaian autentik
c.
Penilaian Instruksional
d.
Penilaian sumative
41. Perumusan
penilaian yang menggunakan kata-kata adalah pelaporan yang berbentuk:
a.
Skor
b.
Uraian kata atau Naratif
c.
Persentase
d.
Skor dan presentase
42. Memberi
informasi kepada orang tua tentang pertumbuhan dan perkembangan yang telah
dicapai anak sebagai bentuk pertanggung jawaban guru adalah kegiatan:
a.
Pelaporan Kepala Sekolah
b.
Penilaian Kinerja Guru
c.
Pelaporan Penilaian Hasil Belajar
d.
Penyusunan Penilaian
43. Hasil
penilaian di PAUD sebagai bentuk dari rangkaian penilaian yang dirumuskan
berdasarkan ….
a.
Data terakhir yang diperoleh dari hasil kerja anak dalam satu
kegiatan
b.
Data terkini anak yang diperoleh berdasarkan
observasi
c.
Data yang diperoleh dengan menggunakan
berbagai instrumen
d.
Keberhasilan anak dalam mengerjakan proyek
bagus tambahkan soal jawab yang STTPA
BalasHapusmakasih atas soalnya yah....
BalasHapusTerimakasih acuan soalnya cukup untuk pelatihan dasar
BalasHapus