Rabu, 16 Agustus 2017

Latihan Soal dan Jawaban PLPG PAUD 2017 (Pedagogik)



1.     Penilaian perkembangan anak usia dini dilakukan dengan berorientasi pada:
a.     Acuan perkembangan
b.     Acuan pertumbuhan
c.     Acuan kriteria
d.     Acuan norma

2.     Pengertian PAUD yang dijelaskan dalam Undang-undang Republik Indonesia nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional, memiliki pemahaman bahwa Pendidikan di PAUD bercirikan:
a.     Penguasaan kompetensi untuk mencapai kriteria ketuntasan
b.     Menyiapkan anak untuk ke jenjang pendidikan berikut
c.     Interaksi pendidik dan peserta didik dalam lembaga PAUD
d.     Berorientasi pertumbuhan dan perkembangan anak

3.     Kelancaran pelaksanaan tugas sebagai pendidik dalam melaksanakan pembelajaran yang mendidik, menuntut seorang pendidik PAUD memiliki kompetensi guru dalam hal:
a.     Pedagogi
b.     Profesional
c.     Personal
d.     Sosial

4.     Mengacu pada standar kompetensi pedagogi guru, ketika melakukan pengembangan kurikulum PAUD berorientasi pada:
a.     Kompetensi lulusan
b.     Persiapan masuk SD
c.     Isi Kurikulum
d.     Perkembangan anak

5.     Dharma sering bermain menggunakan sapu ijuk. Sapu tersebut dia manfaatkan sebagai seekor kuda dan ditunggangi sambil menari-nari. Berdasarkan peristiwa itu, Dharma berada pada tahap berpikir….
a.     sensori motor
b.     pra operasional
c.     operasional kongkrit
d.     operasional formal

6.     Andri sedang bermain di halaman. Tiba-tiba ibunya memanggil dan dia disuruh membeli gula di warung. Andri semula menolak, tetapi setelah diberi tahu bahwa uang kembaliannya boleh digunakan untuk jajan, akhirnya dia mau. Hal ini menggambarkan bahwa Andri berada pada tahap perkembangan….
a.     praoperasional
b.     prakonvensional
c.     konvensional
d.     poskonvensional

7.     Tina selalu bermain sendirian. Ketika Guru memintanya untuk bernyanyi di depan kelas, Tina menangis dan bersembunyi. Tia cenderung untuk menutup diri dari teman-temannya. Dengan demikian Tina memiliki permasalahan dalam bperkembangan….
a.     sosial-emosional
b.     bahasa dan sosial
c.     moral dan nilai agama
d.     seni dan emosi

8.     Peningkatan secara kuantitas pada anak usia dini disebut proses….
a.     perkembangan
b.     pertumbuhan
c.     pengembangan
d.     pendidikan

9.      Bima dalam kesehariannya bersikap ramah, sehingga banyak yang suka bergaul dengannya. Ketika ada temannya yang sakit, ia ikut murung dan seakan-akan ia ikut merasakan sakit yang diderita temannya. Sikap Bima tersebut disebut….
a.     simpati
b.      prihatin
c.     empati
d.     sedih

10.  Ciri khas teori belajar behavioristik adalah:
a.     Munculnya Respon positif
b.     Hubungan Stimulus-Kondisi
c.     Hubungan Stimulus-Respon
d.     Munculnya Stimulus terkendali

11.  Teori belajar kognitif menganggap bahwa proses belajar manusia
a.     Penurut, patuh dan peniru
b.     Pemroses, pemikir, dan pencipta informasi
c.     Peniru, pemikir, dan pengembang 
d.     Pencipta informasi, perasa dan pelaku

12.  Pendidikan di PAUD berorientasi pada perkembangan anak. Hal tersebut merupakan penerapan dari prinsip pembelajaran:
a.     Berpusat pada anak
b.     Pembelajaran aktif
c.     Bermain sambal belajar
d.     Berorientasi pada kebutuhan anak

13.  Menjelaskan kelompok teori belajar. Teori belajar yang dapat diterapkan dalam Pendidikan Anak Usia Dini secara umum dibagi dalam kelompok:
a.     Perilaku - Kognitif
b.     Behavioristik - Perilaku
c.     Kognitif – Penalaran
d.     Penalaran – Perilaku

14.  Karakteristik spesifik kurikulum Taman Kanak-kanak adalah:
a.     Berbasis kebutuhan
b.     Berbasis permainan
c.     Berbasis perkembangan
d.     Berbasis perencanaan

15.  Sebuah landasan Yuridis penyelenggaraan Pendidikan Anak Usia Dini menyatakan bahwa “Setiap Anak berhak memperoleh pendidikan dan pengajaran dalam rangka pengembangan pribadinya dan tingkat kecerdasannya sesuai dengan minat dan bakatnya”. Landasan Yuridis penyelenggaraan PAUD tersebut tertuang dalam....
a.     UU No.23 Tahun 2002 Pasal 9 ayat 1
b.     Amandemen UUD 1945 Pasal 28 B ayat 2
c.     UUD 1945 Pasal 31 ayat 3
d.     Permen No.54 Tahun 2013

16.   Ani ialah guru kelas A TK Kartika. Bu Ani akan mengajarkan pembelajaran tematik. Untuk itu, Ia akan membuat rencana pembelajaran tematik. Langkah pertama yang perlu dilakukan oleh Bu Ani dalam merancang pembelajaran tematik adalah ....
a.     Memilih standar kompetensi
b.     Memetakan indikator
c.     Mengembangkan tema
d.     Menganalisis kurikulum

17.  Kurikulum harus memberi peluang kepada semua anak dari berbagai latar belakang untuk mendapatkan pelayanan yang sama. Pernyataan tersebut berkaitan dengan prinsip……
a.     Pendekatan menyeluruh dan kemitraan
b.     Kesamaan memperoleh kesempatan
c.     Penguasaan integritas nasional
d.     Berpusat pada anak

18.  Muatan krikulum yang dimaksud dalam struktur kurikulum PAUD adalah:
a.     STPPA
b.     Kompetensi Inti
c.     Kompetensi Dasar
d.     Beban/lama belajar


19.   Secara khas kurikulum dapat dipahami sebagai ……….
a.     Target dan sasaran belajar peserta didik
b.     Rencana dan pengaturan untuk pencapaian tujuan
c.     Buku dan peralatan belajar yang digunakan
d.     Guru dan murid yang melaksanakan pembelajaran

20.  Pengembangan kurikulum meliputi kegiatan:
a.     Merencanakan – melaksanakan – mengevaluasi
b.     Menyusun – mengelola – menyebarluaskan
c.     Mengembangkan – menstruktur – melaksanakan
d.     Merencanakan – menstruktur – menyebarluaskan

21.  Dalam Permendikbud No. 137 tahun 2014, yang termasuk standar proses meliputi ….
a.     perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran
b.     perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan pengawasan pembelajaran
c.     perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran, evaluasi pembelajaran dan pengawasan pembelajaran
d.     deteksi dini perkembangan anak, perencanaan pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dan evaluasi pembelajaran

22.  Maksud dari prinsip relevansi dalam pengembangan kurikulum untuk anak usia dini adalah….
a.     Pengembangan kurikulum harus memiliki tingkat kesesuaian yang tinggi baik secara internal maupun eksternal
b.     Pengembangan kurikulum harus memberi peluang dan kesempatan bagi pelaksana untuk melakukan penyesuaian-penyesuaian yang didasarkan pada situasi dan kondisi lingkungan di mana sekolah berada
c.     Pengembangan kurikulum harus memenuhi unsure kesinambungan baik secara vertical maupun horizontal
d.     Pengembangan kurikulum harus diusahakan mendayagunakan waktu, biaya dan sumber-sumber pendidikan lainnya secara optimal untuk mencapai hasil pendidikan yang optimal.

23.   Yang bukan termasuk struktur kurikulum PAUD adalah:
a.     Kompetensi Inti
b.     Kompetensi Dasar
c.     Beban belajar
d.     Asesmen belajar

24.  Komponen perencanaan pembelajaran di PAUD adalah berikut ini, kecuali:
a.     Program Tahunan
b.     Program Semester
c.     RPPM
d.     RPPH

25.  Secara umum perencanaan pembelajaran merupakan kegiatan:
a.     Rencana dan pengaturan
b.     Pemilihan dan penggunaan 
c.     Penetapan dan pemanfaatan sumber daya 
d.     Pemberian pertimbangan dan pengorganisasian

26.   Penyatuan Tema dalam model pembelajaran bermanfaat untuk:
a.       Mengintegrasikan kegiatan
b.      Menyatukan aktivitas
c.       Mengkoordinasikan indikator
d.      Memperluas pokok bahasan

27.  Model pembelajaran secara umum dapat dimaknai sebagai:
a.   Desain pembelajaran
b.   Kerangka konseptual pembelajaran
c.   Strategi pembelajaran
d.   Perencanaan pembelajaran

28.  Pendekatan saintifik diintegrasikan dalam perencanaan pada tahap:
a.     Pengembangan bahan/materi pembelajaran
b.     Pengembangan kegiatan
c.     Pengembangan tema
d.     Pengembangan alokasi waktu

29.  Prinsip perencanaan pembelajaran harus memperhatikan anak sebagai subjek, kecuali:
a.     Berorientasi pada perkembangan anak
b.     Berorientasi pada kebutuhan anak
c.     Berpusat pada anak
d.     Berpandangan sebagai anak

30.  Bu Satini mengajak anak didiknya untuk melihat proses pembuatan tahu dengan mengunjungi pabrik tahu yang berada di dekat sekolahan. Kegiatan yang dilakukan ibu Satini merupakan penerapan dari metode….
a.   Bercerita
b.   Eksperimen
c.   Tanya jawab
d.   Karyawisata

31.  Pendekatan Saintifik dilakukan atas dasar:
a.   Berfikir naturalis
b.   Berfikir dialogis
c.   Berfikir humanis
d.   Berfikir logis

32.  Buku-buku cerita bergambar; papan flanel; Alphabetic Puzzle; Alat-alat bermain telekomunikasi, merupakan contoh alat-alat permainan yang lebih tepat berada pada ….
a.       Sentra Permainan Matematika
b.      Sentra Permainan Bahasa
c.       Sentra Permainan Sains
d.      Sentra Permainan Balok dan Lego/Logo

33.  Metode yang mempunyai pengaruh yang cukup kuat dalam pengembangan emosi untuk dapat menimbulkan rasa kesatuan dan persatuan, rasa kebangsaan, rasa keagamaan, rasa kagum, rasa gembira, dapat diperoleh melalui….
a.     Bernyanyi dan Bermain Musik
b.     Bermain Peran
c.     Permainan Hand Puppet (Boneka Tangan)
d.     Bercerita

34.  Fungsi utama dari media dalam pembelajaran, adalah ……
a.     Menguraikan materi
b.     Menyampaikan pesan
c.     Mengidentifikasi bahan ajar
d.     Mengelompokkan pesan

35.  Kriteria utama dalam media pembelajaran adalah 
a.   Kemampuan guru
b.   Kemudahan penggunaan
c.   Berorientasi pada tujuan
d.   Ketersediaan bahan

36.  Alat Peraga Edukatif yang tepat untuk meningkatkan perkembangan kognitif adalah:
a.   Puzzle
b.   Panggung boneka
c.   Buku cerita
d.   Boneka tangan
              
37.  Untuk menjelaskan konsep kasar-halus, licin-kasar maka media yang tepat digunakan adalah:
a.     Media audio
b.     Multimedia
c.     Media visual
d.     Media taktil

38.  Buku cerita bergambar yang berisi tentang kerumunan semut yang bergotong royong membawa makanan, dapat digunakan oleh guru sesuai manfaat media untuk:
a.     Mengkonkritkan pesan abstrak
b.     Menampilkan objek yang terlalu kecil/besar
c.     Membangkitkan motivasi anak
d.     Memperlihatkan gerakan yang terlalu cepat/lambat

39.  Penentuan instrumen penilaian dalam rangkaian RPPH ditetapkan berdasarkan…
a.     Indikator kompetensi
b.     Kegiatan belajar anak
c.     Media yang digunakan
d.     Tema pembelajaran

40.  Penilaian untuk mengukur kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan dalam situasi alami berdasarkan proses dan hasil disebut:
a.    Penilaian objektif
b.   Penilaian autentik
c.    Penilaian Instruksional
d.   Penilaian sumative

41.  Perumusan penilaian yang menggunakan kata-kata adalah pelaporan yang berbentuk:
a.     Skor
b.     Uraian kata atau Naratif
c.     Persentase
d.     Skor dan presentase

42.  Memberi informasi kepada orang tua tentang pertumbuhan dan perkembangan yang telah dicapai anak sebagai bentuk pertanggung jawaban guru adalah kegiatan:
a.     Pelaporan Kepala Sekolah
b.     Penilaian Kinerja Guru
c.     Pelaporan Penilaian Hasil Belajar
d.     Penyusunan Penilaian

43.  Hasil penilaian di PAUD sebagai bentuk dari rangkaian penilaian yang dirumuskan berdasarkan ….
a.     Data terakhir yang diperoleh dari hasil kerja anak dalam satu kegiatan
b.     Data terkini anak yang diperoleh berdasarkan observasi
c.     Data yang diperoleh dengan menggunakan berbagai instrumen
d.     Keberhasilan anak dalam mengerjakan proyek


3 komentar: